Penyebab kenapa tidur selalu mendengkur

WAKTU.WEB.ID - Mungkin anda atau orang disekitar anda ketika sedang tidur ada yang selalu mendengkur (Snoring) atau nama gaulnya ngorok?

Orang yang mendengkur akan mengeluarkan suara parau dan terkadang keras sehingga seringkali menganggu orang lain di sekitarnya apalagi ketika malam hari

Tahukah anda ada beberapa penyebab kenapa orang bisa mendengkur, berikut adalah penyebab-penyebabnya:

1. Posisi Tidur Yang Kurang Tepat

Tidur Terlentang/Berbaring membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak turun ke dinding belakang tenggorokan Anda, sehingga menyebabkan suara bergetar sewaktu tidur. Tidur dengan posisi menyamping dapat membantu mencegah tidur mendengkur

2. Usia Yang Bertambah

Hal ini terkait dengan penurunan kelenturan otot dan jaringan dalam saluran aliran udara bagian atas yang menyebabkan mendengkur. Pada wanita menopause yang kehilangan hormone progesterone akan menyebabkan terjadinya penurunan kelenturan otot dan pada akhirnya akan menyebabkan kondisi mendengkur.

3. Minum Alkohol

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi alkohol terlalu banyak sebelum tidur, maka akan cendrung mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi karena alkohol mengurangi ketegangan pada otot bukal, sehingga ketidakmampuan otot-otot yang sama untuk membela diri terhadap penyumbatan saluran napas.

4. Hidung tersumbat

Penyebab tidur ngorok selanjutnya adalah hidung tersumbat. Seseorang yang mengalami hidung mampet atau semacam deformitas (kelainan bentuk hidung) maka akan memiliki peluang untuk tidur ngorok, karena pada saat tidur maka dia akan cendrung bernafas melalui mulut.

Semoga bermanfaat sahabat

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser