Orang yang di kritik cepat marah, Ini solusinya?



WAKTU.WEB.ID - Jika anda mengkritik  terutama untuk memerintah/memperingatkan orang lain atau menyampaikan gagasan dan memberikannya hukuman. Maka anda sama sekali tidak akan mendapatkan apapun dari kritik tersebut.

Kritik bisa jadi hal yang sangat menyakitkan, Karena tidak seorang pun senang di kritik, Akan tetapi jika anda melakukannya dengan cara yang tepat agar tidak menjadi pelampiasan ego dan melukai perasaan si penerima kritik.

Berikut ada beberapa aturan yang akan membantu agar tetap asyik menyampaikan kritik:

1. Bercerminlah/Intropeksi Diri



Sebelum menyampaikan kritik/sepenggal gagasan, biasakanlah agar tetap bercermin bukan agar terlihat tampan atau cantik tapi agar sadar diri dan intropeksi. Apakah kita semua sudah pantas menyampaikan kritik atau sepenggal gagasan kepada orang lain?


2. Mulailah Empat Mata


Jangan pernah mengkritik di depan orang banyak. Tidak ada pintu terbuka, tidak ada teriakan keras, serta tidak ada orang lain yang mendengarkan, Hanya antar pribadi.

3. Awali kritik dengan pujian yang baik


Ciptakanlah suasana bersahabat, Tidak langsung to the point pada kritikan, sentuh hatinya terlebih dahulu. Dengan contoh menanyakan kabar keluarga atau kehidupan di luar masalah.

4. Buatlah Kritikan tidak bersifat pribadi




Kritik yang beralasan akan menjadi bahan masukan untuk pengembangan diri. Kritiklah perbuatannya Bukan orangnya.

5. Berikan Solusi


Solusi berarti cara yang benar. Penekanan dari kritik anda sesungguhnya bukan pada kesalahannya, Melaikan memberi tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

6. Mintalah Partisipasi Jangan Melulu Menutut


Menuntut adalah cara terakhir meminta dengan kesungguhan yang penuh. Maka dari itu ajaklah kerja sama dengan orang yang anda kritik agar mengupayakan yang terbaik. Anda akan mendapatkan banyak hal yang positif dari pada mengeluarkan perintah agar orang yang di kritik itu berubah.

7. Akhiri kritik dengan perkataan yang bersahabat


Akhirilah dengan perkataan "Kita tetap berteman, kita telah menyelesaikan masalah kita, mariah kita bekerja sama dan saling membantu."

Bukan dengan perkataan yang membuat orang naik darah atau menyakitkan. ini adalah aturan yang paling penting dari ketujuh aturan di atas.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser