3 Cara Menyembuhkan Sakit Perut di Pagi Hari

WAKTU.WEB.ID - Saat bangun pagi, beberapa dari kita -terutama yang bermasalah dalam pola makan, sering merasakan sakit perut berupa mulas dan ingin buang air besar. Dilihat dari segi kesehatan, kebiasaan buang air besar setiap pagi adalah hal yang wajar. Akan tetapi jika sakit perut selalu saja muncul setiap pagi, hal ini sangat menganggu, karena bisa menghambat rutinitas seseorang.

Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari, Setiap organ memiliki waktu kerja maksimal dan minimal. Dalam kasus sakit perut di pagi hari, ada kaitannya dengan usus besar yang bekerja maksimal pada jam 05.00 - 07.00 dan minimal 17.00 - 19.00. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari makan malam berlebihan supaya makanan yang masuk tidak menjadi timbunan sampah. Lebih baik sedikit tapi mencakup nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut cara menyembuhkan sakit perut di pagi hari :

1.Cobalah konsumsi makanan berpati

Saat Anda merasakan sakit perut di pagi hari, cobalah makan makanan yang tidak akan memicu rasa sakit yang lebih besar. Makanan kaya pati, seperti nasi, kentang, dan haver (oat) dapat membantu meredakan rasa sakit pada perut. Makanan berpati tidak akan dicerna dalam waktu yang lama di dalam lambung. Selain itu, makanan berpati juga tidak memicu pengeluaran asam lambung yang berpotensi membuat sakit perut yang dialami semakin memburuk.
Cobalah makan semangkuk bubur haver, nasi, atau bubur jagung. Jenis makanan tersebut dapat membantu meredakan dan menghilangkan rasa sakit pada perut.
Anda juga dapat memakan roti panggang saja sebagai sarapan, tanpa menambahkan bahan-bahan lain. Hindari penggunaan selai, jeli, atau mentega saat Anda memakan roti panggang karena bahan-bahan tersebut dapat memicu reaksi lambung sehingga rasa sakit yang dialami akan memburuk.
Jika Anda merasa sangat mual, cobalah makan biskuit garam (saltine cracker). Selain terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, pada biskuit garam tidak terdapat bahan-bahan lain (terutama yang memicu asam lambung). Selain itu, biskuit garam dapat membantu menyerap asam lambung dan meredakan rasa sakit.

2.Konsumsi yoghurt untuk meredakan sakit perut
Pencernaan yang tidak baik umumnya merupakan penyebab dari sakit perut. Agar pencernaan kembali lancar, cobalah konsumsi yoghurt. Cobalah konsumsi jenis yoghurt yang mengandung bakteri aktif untuk membantu melawan bakteri jahat dari sistem pencernaan Anda. Dengan begini, sakit perut yang dialami dapat mereda. Yoghurt juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan yang dapat memicu sakit perut.
Yoghurt Yunani dengan sedikit madu dapat menjadi sarapan yang tepat untuk meredakan rasa sakit. Dengan begini, Anda dapat menjalani hari dengan baik seperti biasanya.


3.Buatlah roti susu (milk toast) sebagai sarapan Anda.
Sakit perut di pagi hari dapat disebabkan oleh gangguan lambung. Dua dari beberapa jenis makanan yang paling cocok dikonsumsi untuk meredakan gangguan lambung adalah susu dan roti. Meskipun jika dikonsumsi secara terpisah keduanya dapat menyebabkan iritasi lambung, roti yang dicampur dengan susu memiliki gabungan manfaat-manfaat tersendiri. Susu bermanfaat untuk melindungi atau melapisi dinding lambung, sementara roti bermanfaat menyerap asam lambung yang berlebihan. Dengan begini, saat dikonsumsi secara bersamaan, keduanya dapat meredakan sakit perut tanpa menyebabkan iritasi lambung. Untuk membuatnya, hangatkan 240 ml susu di panci dan, setelah panas, tuangkan ke mangkuk. Panggang satu potong roti dan oleskan sedikit mentega tawar pada roti tersebut. Potong roti kecil-kecil dan masukkan ke dalam mangkuk berisi susu yang sudah dihangatkan, kemudian makan dengan perlahan.
Pastikan Anda tidak memanaskan susu sampai susu mendidih karena akan sulit bagi Anda untuk mengonsumsinya nanti.  Selain roti biasa (roti gandum), Anda juga dapat menggunakan roti jagung. Potong kecil-kecil roti gandum dan masukkan ke dalam mangkuk berisi susu dingin atau hangat, setelah itu makanlah seperti saat Anda memakan sereal.


Selain itu penting juga untuk mengetahui waktu-waktu kerja organ lain sebagai berikut:
- Paru-paru bekerja maksimal antara pukul 03.00-05.00. Minimal pukul 15.00-17.00
- Usus besar bekerja maksimal antara pukul 05.00-07.00. Minimal pukul 17.00-19.00
- Lambung bekerja maksimal antara pukul 07.00-09.00. Minimal pukul 19.00-21.00.
- Limpa bekerja maksimal antara pukul 09.00-11.00 Minimal pukul 21.00-23.00.
- Jantung bekerja maksimal pukul 11.00-13.00. Minimal pukul 23.00-01.00
- Usus kecil bekerja maksimal pukul 13.00-1 5.00. Minimal pukul 01.00-03.00.
- Kantung kemih bekerja maksimal pukul 15.00-17.00. Minimal pukul 03.00-05.00.
- Ginjal bekerja maksimal pukul 17.00-19.00. Minimal pukul 05.00-07.00
- Selaput jantung bekerja maksimal pukul 19.00-21.00. Minimal pukul 07.00-09.00
- Tiga pemanas bekerja maksimal pukul 21.00-23.00. Minimal 09.00-11.00
- Kandung empedu bekerja maksimal pukul 23.00-01.00. Minimal pukul 11.00-13.00
- Hati bekerja maksimal pukul 01.00-03.00. Minimal 13.00-15.00

Kesimpulannya semua organ memiliki masa kerja 12 jam sesudah ia bekerja maksimal. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan muncul kesadaran untuk memperlakukan tubuh kita secara rasional. Salah satunya dengan tidak membiarkan lambung bekerja tanpa diberi makanan pada waktu 07.00 sampai 09.00 apalagi kalau hanya diberi kopi saja, untuk mencegah perut kembung dan berkumpulnya gas di dalam perut.

Semoga bermanfaat, jangan lupa like and share

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser