Indahnya Wonogiri


WAKTU.WEB.ID – Wonogiri,merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah tepatnya bagian selatan, menyimpan banyak keindahan dengan banyaknya tempat bersejarah dan juga tempat wisata yang elok dengan keasrian alamnya yang masih alami.Mimin sengaja menulis artikel ini karena mimin lahir di kota tersbut hehehhe. Loppeeee you lah pokoknya buat Wonogiri.

Wonogiri sering disebut juga kota gaplek (ketela yang dikeringkan),mengapa disebut demikian karena wonogiri merupakan salah satu penghasil gaplek terbanyak di Indonesia,Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun tempat-tempat wisata,tapi sayangnya kurangnya promosi sehingga masih sedikit kalah dengan tetangga-tetangga sebelah, tapi langkah pemerintah sudah cukup bagus dengan memperbaiki,dan membangun tempat wisata tersebut,sayangkan kalau Cuma dianggurin tempat-tempat nya joss gandoss hlo hehehe.

Wonogiri sekarang berkembang menjadi kota hits,karena banyak anak-anak muda disana yang mulai mengembangkan kreasinya, melalui banyak hal. Akun instragram @explore_wonogiri merupakan salah satu akun Instagram yang sering meng upload hal-hal menarik di Wonogiri,mulai dari tempat wisata hingga berita terbaru yang sedang berkembang di Wonogiri.

Bagi teman-teman yang berada di kota,yang sedang dilanda kebosanan dengan liburan yang itu-itu saja pergi ke mall lah, nongkrong nongkrong doang, wajib di coba untuk mengunjungi tempat-tempat yang masih alami, biar otak tidak nge hang :D ,yaitu dengan menikmati wisata alam,salah satu jalannya yak e kota Wonogiri,nahh mimin akan memberi info destinasi menarik di Wonogiri biar kalian semua bisa mencuci otak kalian menjadi fresh lagi,diantaranya sebagai berikut :

1.    Waduk Gajah Mungkur


Waduk gajah munkur merupakan sebuah waduk yang berhasil menjadi icon kota wonogiri karena tempatnya yang begitu indah,pembangunan yang memerlukan waktu 8 tahun mulai dari tahun 1970 sampai tahun 1978. Waduk ini mempunyai luas 8800 Ha sehingga dapat mengairi ribuan hektar sawah di beberapa kabupaten seperti sragen, sukoharjo, klaten dan karanganyar. Lokasi waduk ini pun sangat dekat dengan pusat kota wonogiri karena jaraknya yang hanya sekitar 3 KM. Di waduk ini anda dapat menikmati indahnya hamparan air jernih yang sangat luas di kelilingi pepohonan hijau & budidaya ikan air tawar di area waduknya. Selain itu anda juga dapat menyewa perahu untuk menikmati pemandangan dengan berkeliling wadukjuga terdapat taman dan kebun binatang mini. Tempat ini cocok bagi anda yang suka dengan wisata alam.

 
2.    Gantole Wonogiri


Masih berada di sekitaran Waduk Gajah Mungkur tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang luar biasa disana kita bisa melihat betapa megahnya waduk Gajah Mungkur,disana juga tedapat spot untuk bermain mencoba paralayang dengan ketinggian bukitnya 200 m dan 400 m.Disana kita bisa merasakan sensasi terbang diatas Waduk Gajah Mungkur.Woooooww mantap bukan

3.    Musium Kars Dunia


Museum Karst Pracimantoro terletak di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Museum ini terunikdan terbesar di Indonesia. Letaknya di kawasan perbukitan gamping,dengan hamparan sawah serta hutan jati disekitarnya.Tujuan Wisatawan ke museum ini agar dapat belajar mengenai batuan karst dan sejarah gua.Ada 7 gua yang mengelilingi museum ini yaitu Gua tembus,gua Mrico/Mrica,Gua Sodong,Gua Gilap,Gua Luweng Sapen,Gua Sonya Ruri, dan Gua Potro Bunder.Tempat iini memiliki nilai sejarah tinggi cocok untuk wisata edukasi mengenalkan kehidupa pra sejarah.

  
4.    Pantai Nampu


Pantai Nampu wonogiri merupakan salah satu tujuan wisata di Wonogiri,pantai ini memiliki kawasan karts dengan panorama pantai yang begitu indah hingga membuat kita tidak beranjak ketempat lain. Lokasi pantai ini jaraknya 15 km dari kecamatan Paranggupito yaitu di kelurahan Gunturharjo.Pantai dengan pasir putihnya yang sangat menawan,wajib dikunjungi guys.

5.    Pantai Sembukan


Pantai sembukan menawarkan keindahan karang yang mengapit sebuah pantai berpasir putih.Bukit tinggi yang menjulang,kita juga bisa menaiki bukit tersebut yang di sediakan anak tangga,diatas bukit kita bisa melihat luas dan birunya laut,pantai sembukan juga seringkali dijadikan tempat untuk kegiatan kebudayaan.Pantai Sembukan berada di Dusun Sembukan, Desa Parang, Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri.

6.    Bukit Cumbri


Bukit Cumbri merupakan sebuah bukit yang tak terlalu tinggi, objek wisata alam Bukit Cumbri menawarkan pemandangan yang sangat mempesona, Bukit Cumbri terletak di perbatasan Wonogiri dan Probolinggo, namun jalur pendakian populer adalah di Wonogiri.Untuk sampai di puncak kita harus mendaki dengan waktu sekitar 1 jam,tempat wisata ini mulai popular setelah banyaknya foto yang menawarkan keindahan alam seperti tersebar facebook dan instagram.Tempat wisata ini sedang hits banget di Wonogiri,Ayo kita kunjungi hehehe…

7.    Air Terjun Khayangan


Destinasi wisata Kahyangan merupakan tempat wisata yang berupa air terjun, namun ada kaitannya dengan hal-hal yang mistis salah satu wisata yang menawarkan potensi wisata spiritual . Objek wisata Kahyangan terletak di dusun Dlepih, kecamatan Tirtomoyo atau sekitar 47 km dari ibu kota Wonogiri, perlu waktu tempuh sekitar 1,5 jam.Selain menawarkan nuansa mistik yang begitu kental, kawasan di sekitar Kahyangan juga menawarkan pesona alam yang begitu cantik. Terlebih lagi Kahyangan juga berada di kawasan hutan alam sehingga gemericik air sungai dan indahnya kicauan burung yang terbang bebas.Bisa membuat otak menjadi refresh kembali setelah penatnya kota dangan polusinya.

8.    Air Terjun Sreten Girimanik


Air Terjun Setren Girimanik yang terletak di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, hanya berjarak sekitar 30 km sebelah timur dari kota Wonogiri, Air Terjun Setren sudah cukup terkenal di Wonogiri, setiap harinya tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan anak muda.  dikawasan ini kita bisa menemukan tiga air terjun sekaligus, yaitu air terjun Manik Moyo yang memiliki tinggi 70 meter, air terjun Tinjo Moyo dengan ketinggian sekitar 30 meter, serta air terjun Condromoyo.Mantap bukan


Demikian info destinasi tempat wisata yang berada di Wonogiri,tempat wisata diatas merupakan sedikit gambaran untuk teman-teman yang ingin menikmati wisata alam.Sebenarnya masih banyak destinasi yang menarik lainya,tapi mimin tidak bisa menyebutkan satu persatu soalnya banyak banget guys, maka dari itu kunjungi langsung saja dari pada penasaran ya kan.Jika ada yang ingin disampaikan tlis komentar di bawah,karena kritik dan saran sangat penting buat mimin agar bisa lebih baik lagi dalam menuliskan sebuah artikel.Tetap lestarikan alam sekitar, salam dari WAKTU.WEB.ID. sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser