Cari Anak Hilang, Polisi China Andalkan Aplikasi


WAKTU.WEB.ID - Sebuah aplikasi di China telah membantu kepolisian setempat menemukan ratusan anak hilang. Aplikasi ini mengurangi jumlah kasus perdagangan anak yang merejalela di negara tirai bambu.


Kementerian Keamanan Publik China mencatat setidaknya 611 anak hilang ditemukan kembali sepanjang tahun lalu seperti yang dilaporkan kantor berita Xinhua. 

Aplikasi bernama "Tuanyuan" yang berarti “Reuni" milik Alibaba Group Holding Ltd menjadi alat polisi menemukan anak hilang di sana.

Baru diluncurkan pada Mei 2016 silam, aplikasi ini menghubungkan laporan masyarakat tentang anak hilang langsung ke tangan polisi.

Cara kerja aplikasi ini sederhana. Pengguna aplikasi yang sedang berada di dekat lokasi hilangnya seorang anak akan menerima notifikasi seperti foto dan deskripsi di ponselnya. Bila sang anak masih belum ditemukan, notifikasi akan terus dikirim ke pengguna di cakupan area yang lebih luas.
   
Aplikasi semacam Tuanyuan cepat populer di China lantaran kasus penculikan dan perdagangan anak marak terjadi di sana. Bocah laki-laki seringkali jadi sasaran utamanya.

Berkat kebijakan pengendalian populasi yang ketat, banyak keluarga di China memilih punya anak laki-laki ketimbang perempuan. Menurut mereka punya anak laki-laki lebih menguntungkan secara ekonomi ketimbang punya anak perempuan.

Dampak lainnya, anak perempuan kerap diaborsi saat di kandungan, ditelantarkan, hingga dibunuh. Selain itu, anak perempuan sering dijadikan bahan tawar bagi keluarga yang ingin punya menantu pria kaya raya.

Tuanyuan makin dikenal luas semenjak bekerja sama dengan raksasa internet China seperti Baidu, Taobao, QQ, hingga Didi Chuxing. (gen)


sumber: CNN Indonesia

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser